Sabtu, 09 November 2013

Niat yang lurus


Assalamu 'alaykum wr.wb.
Apa kabar semuanya?
#Alhamdulillah, luar biasa, Allahu Akbar !! (sembari mengepalkan tangan)

Disaat orang lain sudah bersiap-siap untuk hal lain, aku malah masih asik dengan laptop yang menyala, lagu yang terdengar pun orang mengaji. Niat pertama sih, mau menyelesaikan tugas salah satu mata kuliah, tapi, terlupa atau bahkan sengaja lupa,, ckckck. Buka internet, facebook, cari tugas, ke facebook, lama-lama facebook yang mendominasi tab-tab di firefox ini.

Mungkin itu hanya gambaran singkat tentang hidup ini. Bahwa niat seseorang di awal melakukan sesuatu ialah hal yang penting. Seperti yang tertera pada hadits no.1 di hadits arba'in, yaitu tentang niat, yaitu yang artinya"sesungguhnya setiap perbuatan itu tergantung pada niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. barang siapa hijrahnya karena (ingin mendapatkan keridhaan) Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada (keridhaan) Alllah dan Rasul-Nya. Dan barangsiapa hijrahnya karena dunia yang diinginkannya atau karena wanita yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya (akan dinilai sebagaimana) yang dia niatkan."

Seperti itulah pentingnya kita untuk meluruskan niat, agar kita tidak hanya mendapatkan apa yang kita inginkan di dunia saja, tapi juga akan dinilai sebagai pahala di sisi Allah subhanahu wata'ala.

Selanjutnya, niat di awal sudah bagus, tapi di tengah-tengah kita mulai ngelantur kesana kemari, itulah pentingnya lagi me-refresh niatan kita, apakah ia masih niatan karena Allah atau tidak.. Begitu pula saat di akhir melakukan sesuatu, tanyakan pada hatimu lagi,, sehingga saat kita benar-benar yakin bahwa semua yang kita lakukan karena lillahi ta'ala, perlahan kita juga mulai belajar tentang kesabaran  dan keikhlasan.

So, Demikian dulu ya coretan tangan saya malam ini, semoga bermanfaat.
Wassalamu 'alaykum warahmatullah wabarakatuh ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar