Kamis, 21 Juli 2011

Awass.. a..a..ada Setan ?!

Bismillahirahmanirrahim..
Assalamu 'alaikum warahmatullah wabarakatuh.. :)

oke. maaf sebelumnya saya telah lama tidak menulis di blog kesayangan ini dikarenakan suatu alasan.
apa itu??
M.A.L.A.S. ,, hehehehe.. ^^

Sebenernya sih sering aku buka2 (eits, apa coba buka2?? *senyum licik*) blog ini, tapi untuk membaca, namun rasa kantuk yang tak tertahankan membuat rasa ingin menulisku sirna, hilang ditelan ombak. *halah*

 Daripada omongan tambah ngelantur, bikin orang ngalor ngidul, badan bau kencur, yang penting kita dapat terhibur :D (kok kea di ovj?? -.-?)

Langsung ke tema kita hari ini, yaitu membahas setan.
Wah malam jum'at ya?? pas banget donk kalo gitu.
langsung aja deh *tung.tung.tung*


Setan. setan. setan. pasti kalo denger kata itu yang terbayang di kepala kita adalah segala macam jenis hantu yang biasa ada di film-film horor.
Apa sih setan itu?
Setan termasuk makhluk ghaib. nggak cuma setan, malaikat, jin dan iblis juga termasuk makhluk ghaib.
dan semua makhluk ghaib tinggalnya ya di alam ghaib.
Secara sederhana, ghaib berarti sesuatu yang nggak bisa ditangkap oleh panca indera. Nggak bisa dilihat, diraba, atau diterawang. Namun meskipun begitu, bukan berarti nggak ada. misalkan angin, nggak keliatan kan? tapi cuma bisa dirasakan aja.
Dalam ajaran Islam, masalah alam ghaib memang merupakan masalah serius. Selain membutuhkan konsentrasi penuh untuk memahaminya, juga butuh keyakinan yang mendalam. Sebab, nggak sedikit orang terjebak ke jurang kekufuran atau musyrik gara-gara terlalu bernafsu untuk mengetahui dunia ghaib.

Mau tau biodata setan nih aku kasitau *berdasar buku yang ku baca ini*:
(ilustrasi)
Nama : Jurig
TTL   : Tahun 666 sebelum Masehi
Alamat: Disekeliling manusia, di rumah-rumah, tempat kerja, biasanya di tempat kotor (misal wc),  bahkan bisa di mesjid yang siap mengganggu orang sholat.
Nama Ortu: Papa Iblis, mami kunti
Hobbi : Godain orang sholeh
Makanan favorit: dugem, narkoba, ghibah(ngomongin orang), makan cemilan menyan, n so pasti makan uang haram (Korupsi, Kolusi, nepotisme).
..., dalam Al-Qur'an setan digambarkan sebagai suatu sebutan dari kalangan jin dan manusia yang jahat yang senantiasa mengganggu manusia supaya terjerumus dalam kesesatan dan kekafiran
 selain di rumah2, setan juga akan masuk dan bersemayam dalam hati manusia yang selalu lalai dalam mengingat Allah. Ibnu Abbas bilang sebagaimana dikutip oleh ibnu Katsir bahwa, "setan itu mendekam dalam hati manusia, apabila ia lalai maka ia akan melakukan gangguan(was-was), tapi bila ia berdzikir maka setan itu akan hengkang" . Makanya biar hati kita nggak disinggahi setan, kita harus terus memupuknya dengan dzikir dan mengingat Allah :)
Jangan Takut Sama setan !!

1. Manusia lebih mulia daripada setan
Karena Allah telah menciptakan manusia dari tanah, sedangkan setang diciptakan dari api. Tentunya Manusia lebih mulia daripada setan kan?
2. Setan cuma pandai menipu.
  Kebahagiaan apa yang bisa dijanjikan oleh setan? Nggak ada! yang dijanjikan hanyalah tipu belaka. Dia makhluk ciptaan Allah juga. Bahkan, sesungguhnya derajat setan itu lebih rendah ketimbang manusia.
Seperti cerita nabi Adam dan Siti hawa yang selalu dihasut oleh setan untuk memakan buah khuldi yang ada di surga, yangmana buah ini Dilarang Allah untuk di makan, namun rayuan setan sangatlah kuat, sehingga Nabi Adam dan Siti Hawa akhirnya harus diturunkan ke bumi sebagai hukumannya.
3. Don't be Paranoid
  Sekarang kita tahu, kedudukan setan ternyata di bawah manusia. setan nggak selayaknya untuk kita takuti. Apalagi memutuskan untuk menjadi pengikut setia setan. Naudzubillah.


Setan; musuh yang nyata bagimu
==> jangan mau jadi temen setan,, baca nih..

"sesungguhnya setan itu adalah musuh bagimu, maka anggaplah ia musuh(mu), karena sesungguhnya setan-setan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka jadi penghuni neraka yang menyala-nyala." (QS. Fathir[36] : 6)
==> yuk perangi ! :)
ini ada strategi perangnya:
1) perkuat keimanan kita dengan meyakini sepenuhnya bahwa Allah adalah Tuhan semesta alam.
2) berusaha sekuat tenaga memperbaiki kualitas ibadah kita.
3) Perbanyaklah berdzikir sebagaimana yang telah diajarkan Rasulullah, seperti tahlil, tasbih, tahmid, atau istighfar (mohon ampun)
4) kita juga mesti memperbanyak berdoa dan membaca al-Qur'an.
5) sepertinya ini yg paling sulit, yaitu menghindari perbuatan2 keji dan maksiat.
6) mempererat silaturahmi.
7)  menghindari perbuatan yang mengarah pada kemusyrikan, kufur, bid'ah, dan syubhat (meraguka kebenaran yang sudah nyata dan jelas)
8) Jangan banyak mengkhayal sesuatu hal yang berlebihan, sehingga pikiran dan hati kita menjadi kosong. sebab, setan akan mudah mengganggu orang yang pikirannya kosong.
9) perkuatlah diri kita denga ilmu pengetahuan dan berusaha untuk mengamalkannya.


Sekian dulu ya postingan kali ini. semoga bermanfaat. ^_^
N, kalo pengen lebih tau lebih jelas tentang artikel ini, bisa langsung baca bukunya "awas ada setan" karyanya kang Yadi.

Wassalamu 'alaikum wr. wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar