Kamis, 20 Oktober 2011

Belajar Jujur

Assalamu ‘alaikum wr. Wb.
Halo, hari ini hatiku lagi jengkel sama orang, sebut saja namanya fulan.
Pas ulangan sejarah tadi, temenku yang ranking 1 cepet ngumpul, pas kutanya(pas udah selesai ulangan), dia takut kasitwu anak2nya soalnya yang ngawas adalah guru yang terkenal killer.
Jadi, aku heran sama anak2nya mereka itu nyontek siapa? (hush, astaghfirullah, jangan su'udzon terus >,<) 


Pas ada temenku izin keluar gitu, dia ngelirik jawabannya si ranking 1 yang di taro di meja guru.dan yang pasti juga dipegang sama gurunya.
Trz, anak kelas X yang duduk sebangku sama aku, sebut saja namanya rian, dia seperti merhatikan jawabanku, nanya soal sama jawaban punyaku. karna aku mulai curiga, aku langsung tanya dia, ternyata ada yang suruh dia ambil jawaban dari aku, bukan minta lagi, lgsung ambil, org itu si fulan.
Aku jadi  mulai ilfil sama anak 2 itu. 
Aku jadi nggak enak ngerjain soal lagi, untung tinggal 1 lagi ku isi, aku langsung pergi ke luar kelas., pas udah di luar kelas, pas rian ngarah ke aku, aku lgsung palingkan mukaku dan langsung aku pergi ke kantin. 
Tapi gatau sama si fulan, aku jadi muyek banget sama dia, sebel banget pokoknya, tunggu aja sampe dia minta maaf ke aku, baru aku maafin. <beeh,, sadaaap :p>

(note: mungkin aku terlalu gimana gitu ya. Tapi rasanya itu beneran nggak enak banget, kenapa nggak nanya sendiri aja? Muyak jadinya)
 
Bagus sudah buat aku keagini.
Bagus, sudah buat aku su’udzon sama kamu dan yang lain.
Tapi yang aku mau hanya sebuah kejujuran.
Terimakasih si rian yang sudah mau jujur, meskipun aku gatau sejak kapan kamu disuruh sama dia.
Dan terimakasih pada diriku sendiri yang telah mencoba jujur pada ulangan mid semester ini. :’)
Wassalamu ‘alaikum wr. Wb.
  
Kata-kata mutiara dariku:
"Mencuri itu mengambil hak milik orang lain tanpa diketahui pemiliknya, hukumnya Haram. kalo menyontek? Bisa dibilang mencuri atau korupsi, apalagi kalo menyontek punya orang tanpa diketahui pemilik yang di contek itu, berarti yang mencontek telah BERDOSA
Menyontek  juga bisa disebut perbuatan korup. Tanpa disadari, menyontek membuat diri sendiri menjadi malas dan selalu tergantung pada orang lain."
 
(Maaf teman, bukannya aku pelit padamu, tapi ini untuk kebaikanku dan kamu. Karena jawabanku juga belum tentu benar. Dan kalo kita terbiasa untuk menyontek, sama saja kita menjadi regenerasi yang suka korupsi itu. Dan juga, aku pernah denger kalo nyontek itu dosa, dan yang memberi contekan itu jauh lebih besar dosanya. Maka dari itu, aku takut akan berbuat dosa. Marilah saling membantu dalam kebaikan di jalan Allah^_^)

4 komentar:

  1. eh tapi entah kenapa yang nyontek malah nilainya lebih bagus dari yang dicontek. :(

    BalasHapus
  2. nah, itu salah satu dampak negatifnya bagi yang dicontekin. pasti rasanya dongkol kan kalo yang nyontek kita malah nilainya lebih tinggi?? :((

    BalasHapus
  3. Bener tuh, kalo suka nyontek ntar besarnya bisa jadi koruptor lho hehe...

    BalasHapus
  4. hehehe,, bisa jadi., itu kak..
    makasih kak sudah merantau ke blog saya :D

    BalasHapus